Dollar Menguat Melewati Batas Kunci 130 Yen Setelah BOJ Memperkuat Komitmennya

igal-ness-9wY2ofzQ9Us-unsplash

Dolar mencapai level tertinggi 20 tahun terhadap rivalnya pada Kamis karena Bank of Japan menggandakan kebijakan dovishnya, mengirim yen ke level terlemah sejak 2002, sementara euro mencapai level terendah lima tahun. pada kekhawatiran pertumbuhan untuk wilayah tersebut.

Seorang pejabat kementerian keuangan menanggapi bahwa Jepang akan mengambil tindakan yang tepat di pasar mata uang, menyebut langkah baru-baru ini sangat mengkhawatirkan.

Dolar melesat melewati level kunci 130 yen setelah BOJ memperkuat komitmennya untuk mempertahankan suku bunga sangat rendah dengan berjanji untuk membeli obligasi dalam jumlah tak terbatas setiap hari untuk mempertahankan target imbal hasil.

Ada beberapa spekulasi pasar bahwa BOJ mungkin mundur sedikit mengingat tekanan yang dibangun di pasar valuta asing.

Yen terakhir berada di 131,25, terlemah sejak April 2002, dengan greenback naik lebih dari 2% terhadap mata uang Jepang pada hari itu.

Yen yang lemah membantu melontarkan dolar ke level tertinggi sejak Desember 2002 terhadap sekeranjang mata uang. Greenback telah diuntungkan dari ekspektasi Federal Reserve akan menaikkan suku bunga lebih cepat daripada rekan-rekan, dan kemungkinan memperluas kesenjangan hasil antara obligasi pemerintah AS dan Jepang (JGB).

Greenback memangkas kenaikan setelah data menunjukkan pertumbuhan ekonomi AS secara tak terduga berkontraksi pada kuartal pertama karena kebangkitan kasus COVID-19 mengganggu aktivitas.

Indeks dolar terakhir berada di 103,75, naik 0,74% hari ini, setelah mencapai setinggi 103,935.

Rai mengatakan, bagaimanapun, bahwa data tersebut tidak selalu mencerminkan ekonomi yang lemah, tetapi terlalu dipengaruhi oleh defisit perdagangan yang meningkat tajam, yang disebabkan oleh lonjakan impor.

Sementara imbal hasil obligasi pemerintah zona euro melonjak karena data inflasi yang kuat, yang pernah memicu ekspektasi untuk pengetatan moneter yang lebih cepat oleh Bank Sentral Eropa dan dapat memberikan beberapa dukungan untuk mata uang tunggal.

Gazprom Rusia mengatakan pada hari Kamis bahwa Polandia masih membeli gas Rusia di Jerman, dan pasokan balik ke Polandia melalui pipa Yamal berjumlah sekitar 30 juta meter kubik per hari.

Sementara itu euro turun di bawah level psikologis $ 1,05 karena investor tetap khawatir tentang Rusia yang memotong pasokan gas ke beberapa wilayah karena menolak membayar dalam rubel.

WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Email
Print
Telegram

Related Posts

Subscribe to our newsletter

Never miss daily news and analysis
Agrodana Futures

Bantu kami mengenal Anda lebih baik dengan melengkapi data berikut. Pertanyaan yang masuk Sabtu & Minggu akan dijawab pada hari Senin.

agrodana-newsletter-subscription
Don't Miss The Latest Analysis! Subscribe Now