Emas Menurun, Tertekan Oleh Dolar AS Yang Lebih Kuat

investasi emas atau dolar

Harga Emas menurun pada akhir penjualan Rabu pagi, berbalik menurun dari peningkatan tajam sesi sebelumnya karena Dolar AS yang lebih kuat membuat logam kuning kurang menarik bagi investor yang memegang mata uang lainnya.

Kontrak Emas paling aktif untuk pengiriman di bulan Desember di divisi Comex New York Exchange, menurun 9,80 Dolar AS atau 0,57 persen, menjadi ditutup pada 1.712,80 Dolar AS per ounce. Bursa Comex tutup pada Senin untuk libur Hari Buruh AS.

Emas berjangka meningkat 13,40 Dolar AS atau 0,79 persen menjadi 1,722,70 Dolar AS pada Jumat, setelah terpangkas 16,80 Dolar AS atau 0,99 persen menjadi 1.709,40 Dolar AS pada Kamis, dan merosot 10,2 Dolar AS atau 0,59 persen menjadi 1.726,30 Dolar AS pada Rabu.

Reli indeks Dolar tampak berlanjut pada Selasa, ketika para pedagang menunggu rincian lebih lanjut tentang jalur kebijakan moneter AS dan ekspektasi peningkatan suku bunga lebih lanjut oleh Federal Reserve membuat Dolar didukung di sekitar tertinggi 20 tahun.

Indeks Dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, meningkat 0,36 persen menjadi 110,2150.

Peningkatan suku bunga telah sangat membebani harga Emas tahun ini, karena para pedagang mencari hasil yang lebih baik dari Dolar dan obligasi pemerintah. The Fed juga secara luas diperkirakan akan mempertahankan laju peningkatan suku bunga bulan ini.

Pasar juga menunggu keputusan suku bunga dari bank sentral Kanada dan Bank Sentral Eropa.

Sementara itu, data ekonomi yang dirilis Selasa tampak beragam. Institute for Supply Management (ISM) melaporkan indeks manajer pembelian (PMI) jasa-jasa AS tercatat di 56,8 persen pada bulan Agustus, meningkat 0,3 poin persentase dari 56,8 persen pada Juli.

PMI jasa-jasa AS dari Global S&P menurun menjadi 43,8 pada bulan Agustus dari 47,4 pada bulan Juli, di bawah pembacaan awal 44,2 dan level terendah sejak bulan Mei 2020.

Logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman di bulan Desember meningkat 2,8 sen atau 0,16 persen, menjadi ditutup pada 17,909 Dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman di bulan Oktober mengalami kenaikan 15,7 Dolar AS atau 1,92 persen, menjadi ditutup pada 833,80 Dolar AS per ounce.

WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Email
Print
Telegram

Related Posts

Subscribe to our newsletter

Never miss daily news and analysis
Agrodana Futures

Bantu kami mengenal Anda lebih baik dengan melengkapi data berikut. Pertanyaan yang masuk Sabtu & Minggu akan dijawab pada hari Senin.

agrodana-newsletter-subscription
Don't Miss The Latest Analysis! Subscribe Now