Harga Emas Bergerak Naik, Pasar Menunggu Laporan Pekerjaan Malam Ini

emas-5

Harga Emas memperpanjang peningkatan pada hari Jumat dan akan mengakhiri minggu lebih tinggi di tengah melonjaknya kegelisahan atas perlambatan pertumbuhan global, sementara menurunnya Dolar menjelang data nonfarm payrolls AS juga menopang pergerakan logam kuning ini.

Sebagian besar harga logam industri juga meningkat karena kerugian dalam Dolar mengurangi beberapa tekanan. Tetapi logam lain akan menutup minggu ini turun setelah data manufaktur yang melemah.

Harga Emas spot meningkat sedikit di 1.793/oz, setelah reli 1,7 persen di sesi sebelumnya. Harga Emas berjangka melonjak 0,2 persen ke USD1,808,40.

Kedua harga akan mengakhiri minggu ini melonjak 1,6 persen, karena semakin banyak indikator ekonomi melemah dari seluruh dunia memperdalam kekhawatiran atas resesi yang akan datang.

Namun Indeks Dolar AS menurun 0,9 persen pada hari Kamis, dan stabil pada Jumat pagi saat volatilitas diprediksi melonjaknya menjelang data ketenagakerjaan nonpertanian AS, terbit malam nanti.

Sementara, Nikel Berjangka ditutup mengalami penurunan 0,30 persem di 22.289,00 pukul 00.55 WIB Jumat dini hari, Timah menurun 0,03 persen di 24.246,00 di ICE London pada penutupan Rabu.

Investor akan mengamati hasil rilis laporan pekerjaan dengan cermat, mengingat hal itu menjadi faktor dalam rencana Federal Reserve untuk meningkatkan suku bunga lebih lanjut. Angka yang lebih besar dari perkiraan bisa menandakan ketahanan di pasar tenaga kerja, memberi Fed lebih banyak ruang untuk meningkatkan suku bunga.

Harga logam mulia lainnya juga meningkat. Platinum melonjak 0,7 persen dan Perak meningkat 0,4 persen.

Di antara logam industri, Tembaga mengalami kenaikan 0,7 persen pada hari Jumat, sebagian besar didorong oleh menurunnya dolar. Tetapi logam merah ini akan mengakhiri minggu ini merosot hampir 4 persen, setelah data manufaktur yang melemah dari China dan Zona Euro menyiratkan gambaran suram untuk permintaan tahun ini.

Selain itu, Karet stabil di kisaran 152,20 pada penutupan Rabu di Singapura, Batubara Newcastle di ICE London merosot 2,17 di level 386,00, dan Kakao AS meningkat 2,58 persen ke 2.350,00 hingga dini hari tadi.

WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Email
Print
Telegram

Related Posts

Subscribe to our newsletter

Never miss daily news and analysis
Agrodana Futures

Bantu kami mengenal Anda lebih baik dengan melengkapi data berikut. Pertanyaan yang masuk Sabtu & Minggu akan dijawab pada hari Senin.

agrodana-newsletter-subscription
Don't Miss The Latest Analysis! Subscribe Now