Harga Emas & Logam Melonjak, Reli Dolar Berhenti Pagi Ini

photo-1624365169364-0640dd10e180

Harga emas melonjak pada Kamis pagi dan sebagian besar logam mulia lainnya mencatat kelonjakan kecil setelah reli Dolar AS tampaknya telah berhenti.

Emas spot melonjak di USD1.767,42. Harga Emas berjangka bernasib lebih baik, melonjak 0,5 persen di USD1.783,70/oz.

Platinum melonjak 0,2 persen, sementara Perak melonjak 0,7 persen setelah menurun 2 persen selama dua hari terakhir.

Menaiknya harga Logam mulia terjadi karena Dolar AS turun setelah reli dua hari. Indeks Dolar mengalami kenaikan hampir 1 persen dalam dua hari terakhir setelah komentar hawkish dari dua anggota Federal Reserve mendorong ekspektasi menaiknya suku bunga yang lebih besar tahun ini.

Presiden Fed San Francisco Mary Daly dan Presiden Fed Chicago Charles Evans keduanya mengisyaratkan bahwa inflasi belum mereda di negara itu, dan The Fed kemungkinan akan meningkatkan suku bunga lebih jauh untuk memerangi peningkatan harga.

Potensi melonjaknya ketegangan AS-China juga telah mendorong permintaan safe haven untuk greenback.

Indeks Dolar AS diperjualkan menurun 0,2 persen pada awal penjualan Asia Kamis. Indeks Dolar AS Futures merosot dalam kisaran yang sama.

Kala Emas tampaknya telah memperoleh beberapa kekuatan dalam dua minggu terakhir, prospek logam kuning malah tumpul oleh prospek peningkatan suku bunga tahun ini. Sebagian besar logam mulia lainnya juga diperkirakan akan melihat aksi harga yang diredam karena Federal Reserve terus memperketat kebijakan moneter.

Dalam logam industri, Tembaga menurun 0,3 persen di USD3,4711. Besi menurun 0,9 persen, sementara Nikel mengalami kenaikan.

Harga Tembaga menurun drastis minggu ini menyusul sejumlah angka PMI manufaktur yang melemah dari seluruh dunia. Tren menurunnya data pabrik ini diperkirakan akan membebani logam industri dalam beberapa bulan mendatang.

Lainnya, Timah mengalami penurunan  2,62 persen di 24.248,00 di ICE London pada penutupan Selasa. Adapun, Karet stabil di kisaran 159,20 pada penutupan hari Rabu di Singapura, Batubara Newcastle di ICE London ditutup di level 407,80, dan Kakao AS Merosot 2,96 persen ke 2.272,00 hingga dini hari tadi.

WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Email
Print
Telegram

Related Posts

Subscribe to our newsletter

Never miss daily news and analysis
Agrodana Futures

Bantu kami mengenal Anda lebih baik dengan melengkapi data berikut. Pertanyaan yang masuk Sabtu & Minggu akan dijawab pada hari Senin.

agrodana-newsletter-subscription
Don't Miss The Latest Analysis! Subscribe Now