Nota Pertemuan FOMC Fokus Malam Sebelum Libur Thanskgiving di AS

newyork-stock-exchange

Dolar mengalami koreksi terhadap mata uang lainnya seiring dengan antisipasi nota minuta pertemuan moneter FOMC bulan lalu yang akan dirilis malam ini dan meredanya kekhawatiran akan kembali merebaknya Covid-19 di China. Setelah pembatasan diberlakukan di China tidak lagi menjadi kekhawatiran dan menjelang libur esok hari di AS merayakan Thanksgiving, fokus pasar akan tertuju pada nota minuta pertemuan moneter FOMC lewat tengah malam ini. Dengan nota ini setidaknya akan diketahui pendapat perihal proyeksi suku bunga acuan ke depan dari pejabat Fed anggota pertemuan tersebut. Gubernur Fed Cleveland – Loretta Mester dalam pidato semalam juga kembali menegaskan mandat utama Fed adalah menurunkan inflasi sehingga Fed masih perlu untuk terus menaikan suku bunga acuan. Sementara Gubernur Fed Kansas City – Esther George memperhatikan tingkat upah yang masih kuat dan minat menabung menjadi indikator seberapa besar potensinya menekan inflasi. Sedangkan Gubernur Fed St. Louis – James Bullard yang pekan lalu cukup hawkish tadi malam tidak menyinggung perihal kebijakan moneter Fed. Dari ketiga pejabat Fed ini masih belum ada satupun yang menyatakan seberapa besar kenaikan suku bunga acuan yang akan diambil pada pertemuan moneter di bulan Desember mendatang. Data fundamental berupa indeks manufaktur di negara bagian Richmond sedikit mengalami peningkatan ke -9 sesuai perkiraan dari periode sebelumnya -10. Dan ini sejalan dengan data manufaktur sebelumnya dari negara bagian New York yang juga mengalami peningkatan. Hari ini akan dirilis sejumlah data yaitu diantaranya data Durable Goods Order, data PMI di sektor manufaktur dan jasa, laporan mingguan klaim pengangguran dan hasil survey kepercayaan konsumen dan ekspektasi inflasi dari University of Michigan. Nota minuta akan dirilis lewat tengah malam nanti tepat sebelum libur Thanksgiving.

Euro kembali menguat diatas level 1.03 terhadap dolar setelah 3 hari berturut-turut cenderung menurun. Data fundamental juga meningkat dengan defisit neraca perdagangan yang semakin berkurang cukup tajam ke -8.1B dari periode sebelumnya -26.9B dan jauh lebih baik dari perkiraan hanya berkurang ke -20.3B. Kepercayaan konsumen juga membaik dengan meningkat ke -24 lebih baik dari perkiraan -26 dan periode sebelumnya -28.  Gubernur Bank Sentral Jerman (BundesBank) – Joachim Nagel semalam mengharapkan Bank Sentral Eropa (ECB) akan menaikkan suku bunga yang tetap agresif. Sedangkan Gubernur Bank Sentral Lithuania – Gediminas Simkus hanya menyarankan kenaikan suku bunga acuan sebanyak 50 bps dirasa sudah cukup dengan ekspektasi inflasi akan menurun seiring dengan harga energi yang semakin turun. Hari ini akan dirilis data PMI di sektor manufaktur dan jasa.

Poundsterling naik tajam terhadap dolar dan Euro seiring dengan data fundamental ekonomi yang sesuai dengan rancangan anggaran pemerintah Inggris yang baru. Data hutang sektor publik mengalami penurunan yang cukup signifikan menjadi hanya 12.7B yang jauh lebih baik dari perkiraan meningkat 19.1B. Sementara data periode sebelumnya juga direvisi membaik dari 19.2B menjadi hanya 16.9B. Rancangan anggaran fiskal yang disampaikan Menteri Keuangan – Jeremy Hunt mencakup kenaikan pajak dan pengurangan anggaran sektor publik untuk memicu sektor finansial dan memulihkan kredibilitas serta untuk keluar dari resesi. Dengan data tersebut diatas maka kendala dari rancangan anggaran tersebut setidaknya menjadi semakin berkurang. Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) memperkirakan ekonomi di Inggris akan menyusut sebanyak 0.4% di tahun depan setelah tahun ini diperkirakan masih meningkat 4.4% di tahun 2022 ini. Angka-angka ini tidak seburuk yang dikhawatirkan oleh pasar selama ini. Hari ini akan dirilis data PMI di sektor manufaktur dan jasa.

WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Email
Print
Telegram

Related Posts

Subscribe to our newsletter

Never miss daily news and analysis
Agrodana Futures

Bantu kami mengenal Anda lebih baik dengan melengkapi data berikut. Pertanyaan yang masuk Sabtu & Minggu akan dijawab pada hari Senin.

agrodana-newsletter-subscription
Don't Miss The Latest Analysis! Subscribe Now