Pasar Mencermati Perkembangan Rencana Ekonomi Inggris dan Juga Data Tenaga Kerja di AS

office12

Dolar terus terkoreksi terhadap sejumlah mata uang lainnya terutama terhadap Poundsterling setelah pemerintah Inggris mengumumkan rencana anggaran baru yang lebih baik dari sebelumnya. Sementara Bank Sentral Inggris (BOE) juga masih menjalankan intervensi dengan pembelian surat berharga dan juga Bank Sentral Jepang (BOJ) yang terus memonitor pergerakan mata uang Yen dan siap untuk melakukan intervensi jika diperlukan. Langkah kedua bank sentral ini menjadi sentimen negatif terhadap mata uang dolar. Dengan pertemuan moneter FOMC yang masih cukup lama membuat momentum kenaikan suku bunga acuan juga tidak banyak berpengaruh terhadap langkah moneter bank sentral lain. Selain itu juga fundamental ekonomi menunjukkan terjadinya penurunan aktifitas di sektor manufaktur dengan data PMI dari ISM yang turun 50.9 lebih jelek dari perkiraan hanya turun 52.5 dari periode sebelumnya 52.8. Ini merupakan level terendah sejak Mei 2020 lalu. Ketua Fed – Jerome Powell dan Menteri Keuangan – Janet Yellen dalam pidato semalam tidak membahas langkah moneter yang akan diambil pada pertemuan di awal bulan depan. Hari ini sejumlah pejabat Fed dijadwalkan akan memberikan pidato yaitu Gubernur Fed Cleveland – Loretta Mester, Gubernur Fed New York – John William dan Gubernur Fed – Philip Jefferson. Sedangkan data ekonomi akan dirilis berupa Factory Order  dan data lowongan pekerjaan dari JOLTS.

Euro tertahan terhadap dolar dan melemah seiring dengan mata uang pound yang melonjak tajam. Fundamental ekonomi cukup mixed dengan data PMI di sektor manufaktur mengalami sedikit penurunan dari 48.5 menjadi 4.4. Kawasan Eropa sendiri masih menghadapi krisis energi menjelang musim dingin yang tidak lama lagi. Sementara itu dengan inflasi yang masih tinggi membuat peluang  pengetatan moneter oleh Bank Sentral Eropa (ECB) semakin besar sesuai dengan komitmen untuk menekan angka inflasi tersebut. Pertemuan moneter ECB sendiri baru dijadwalkan bulan depan dengan perkiraan masih akan terus menaikkan suku bunga acuannya. Hari ini akan dirilis penting berupa data inflasi dari sisi produsen PPI dan juga pidato dari Presiden ECB – Christine Lagarde.

Poundsterling melonjak tajam terhadap dolar dan Euro menjelang pengumuman dari Menteri Keuangan Inggris – Kwasi Kwarteng perihal rencana anggaran yang baru dengan membalikkan kebijakan yang akan diambil dari rencana awal sebelumnya. Kwarteng direncanakan akan membeberkan rencana untuk menurunkan hutang publik yang lebih komprehensif. Selain itu optimisme pasar juga meningkat setelah pejabat BOE – Catherine Mann menujukkan dukungannya untuk langkah moneter BOE yang lebih agresif. Dalam pertemuan moneter sebelumnya Mann mendukung kenaikan suku bunga acuan sebanyak 75% dengan dukungan 2 pejabat BOE lainnya. Pertimbangan akan angka inflasi yang tinggi, nilai tukar mata uang GBP yang rendah dan dana bantuan tagihan energi diperkirakan masih akan terus memicu inflasi untuk berlanjut naik. Hari ini tidak ada data ekonomi yang akan dirilis.

WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Email
Print
Telegram

Related Posts

Subscribe to our newsletter

Never miss daily news and analysis
Agrodana Futures

Bantu kami mengenal Anda lebih baik dengan melengkapi data berikut. Pertanyaan yang masuk Sabtu & Minggu akan dijawab pada hari Senin.

agrodana-newsletter-subscription
Don't Miss The Latest Analysis! Subscribe Now