Testimoni Ketua Fed – Jerome Powell Malam Ini Akan Dicermati Oleh Pasar

fed-powell-2

Dolar menguat tajam terhadap mata uang Yen sementara relatif mixed terhadap mata uang lainnya. Dolar menguat terhadap Yen ke level terendah dalam 24 tahun terakhir atau sejak Oktober 1998 lalu seiring dengan kebijakan moneter yang ultra longgar tetap dipertahankan oleh Bank Sentral Jepang (BOJ). Langkah moneter ini mendapat dukungan dari Perdana Menteri – Fumio Kishida dengan mengatakan BOJ harus tetap mempertahankan kebijakan ultra longgar tersebut. Kebijakan moneter ini berlawanan dengan langkah moneter Fed dan bank sentral lainnya yang berusaha meredam inflasi dengan kenaikan suku bunga acuan. PM Kishida mendukung hal ini karena melemahnya Yen justru akan memberikan dampak positif karena sebagai negara eksportir. Sementara Fed sendiri masih akan terus mengetatkan kebijakan moneter dengan rencana kenaikan suku bunga acuan lebih agresif dan berkelanjutan. Gubernur Fed Richmond – Thomas Barkin menambah anggota Fed yang mendukung kenaikan suku bunga acuan lebih agresif dengan mengatakan petunjuk dari Ketua Fed – Jerome Powell perihal kenaikan suku bunga 50 bps atau 75 bps sangat layak pada pertemuan moneter di bulan Juli mendatang. Sebelumnya Gubernur Fed Cleveland – Loretta Mester sehari sebelumnya mengatakan inflasi yang mencapai level tertinggi dalam 40 tahun terakhir tidak akan segera turun mencapai target Fed 2% dalam kurun 2 tahun mendatang. Komentar ini mengindikasikan perlunya Fed untuk terus menaikkan suku bunga acuan hingga 2 tahun yang akan datang. Gubernur Fed St. Louis – James Bullard menyarankan langkah moneter Fed dapat mengakomodasi ekspektasi pasar dengan masih adanya pilihan bebas dalam kerangka langkah moneter Fed untuk menekan inflasi lebih cepat. Mayoritas spekulasi di pasar mengharapkan kenaikan 75 bps pada pertemuan moneter bulan Juli mendatang dan lebih sedikit pada pertemuan moneter berikutnya di bulan September yang akan datang. Hari ini tidak ada data ekonomi namun Ketua Fed – Jerome Powell dijadwalkan akan memberikan testimoni di depan Senat AS selama 2 hari mulai malam ini.

Euro relatif masih menguat terhadap solar sejak pertemuan darurat Bank Sentral Eropa (ECB) pekan lalu yang membahas instrumen moneter guna mencegah terjadinya fragmentasi akibat kenaikan suku bunga acuan yang direncakan akan naik pada pertemuan moneter ECB bulan Juli mendatang. Presiden ECB – Christine Lagarde sehari sebelumnya secara tegas mengungkapkan rencana kenaikan 25 bps. Ketua ahli ekonomi ECB – Philip Lane juga mengiyakan pernyataan Lagarde tersebut dan kenaikan berikutnya di bulan September walau belum ditentukan namun terbuka peluang kenaikan yang lebih besar yaitu 50 bps. Hari ini akan dirilis data Kepercayaan Konsumen.

Poundsterling menguat terhadap dolar paska komenter dari Ketua ahli ekonomi Bank Sentral Inggris (BOE) – Huw Pill yang menyarankan perlunya BOE untuk terus menaikkan suku bunga acuan guna meredam inflasi yang membandel. Hal yang senada disampaikan oleh anggota voting MPC – Catherine Mann yang memilih kenaikan 50 bps pada pertemuan moneter pekan lalu. Dipastikan akan memilih kenaikan suku bunga acuan yang sama pada pertemuan moneter berikutnya di bulan Juli mendatang.

Fundamental ekonomi relatif masih menurun dengan pelambatan ekonomi terburuk dibandingkan dengan negara maju lainnya. Data inflasi CPI baru akan dirilis malam ini yang akan dicermati oleh pasar untuk mengetahui laju inflasi terkini.

WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Email
Print
Telegram

Related Posts

Subscribe to our newsletter

Never miss daily news and analysis
Agrodana Futures

Bantu kami mengenal Anda lebih baik dengan melengkapi data berikut. Pertanyaan yang masuk Sabtu & Minggu akan dijawab pada hari Senin.

agrodana-newsletter-subscription
Don't Miss The Latest Analysis! Subscribe Now